Mengunjungi Wisata Bersejarah keraton Yogyakarta dan Istana Air Tamansari

Diposting pada

Keraton yogyakarta -anda yang berlibur ke kota Yogyakarta, jangan lupa untuk singgah ke wisata keraton dan tamansari yogyakarta. Anda akan merasakan nuansa tradisi Jawa dan belajar mengenai sejarah dan budaya jogja.  Dijamin wawasan Anda akan bertambah! Keraton ngayogyakarta hadiningrat atau keraton jogja merupakan istana kesultanan yogyakarta. Meskipun kesultanan yogyakarta secara resmi telah bergabung menjadi bagian republik indonesia sejak tahun 1950, kompleks bangunan keraton yogyakarta saat ini  masih terjaga dengan baik dan digunakan sebagai tempat tinggal bagi sri sultan beserta keluarga besar keraton serta masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat sekarang ini. berikut sedikit ulasan dari wsrentaljogja.com mengenai sejarah kraton jogja

keraton yogyakarta
pict @adibahalwee

Keraton Yogyakarta merupakan warisan budaya dan saat ini  merupakan salah satu objek wisata sejarah dan budaya yang paling favorit di Kota Yogyakarta. Terdapat berbagai warisan budaya baik dalam bentuk benda-benda kuno dan bersejarah maupun tradisi adat.
Keraton yogyakarta yang mulai didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I ini memiliki tujuh kompleks utama yaitu Siti Hinggil Ler (Balairung Utara), Sri Manganti, Kamandhungan Ler (Kamandhungan Utara), Kedhaton, Kamagangan, Kamandhungan Kidul (Kamandhungan Selatan), dan Siti Hinggil Kidul (Balairung Selatan). Gaya arsitektur pada bangunan-bangunan yang terdapat di Keraton yogyakarta lebih terlihat bergaya arsitektur Jawa tradisional. Sementara di beberapa bagian tertentu terdapat sentuhan dari budaya asing antara lain Belanda, Portugis, dan Cina.

keraton yogyakarta
pict @nurkadhatyanspa

Di bagian utara Keraton yogyakarta terdapat sebuah lapangan berumput yang disebut Alun-alun Utara. Di pinggir Alun-alun ditanami deretan pohon Beringin. Selain itu di tengah Alun-alun juga terdapat sepasang pohon beringin yang diberi pagar, yang dijuluki Kyai Dewadaru dan Kyai Janadaru.
Dahulu Alun-alun Lor digunakan sebagai tempat penyelenggaraan acara dan upacara kerajaan, antara lain acara watangan serta rampogan macan, pisowanan ageng, upacara garebeg serta sekaten dan lain sebagainya. Saat ini hanya upacara garebeg sekaten saja yang masih selalu diadakan.Selanjutnya, ada pula Alun-alun Kidul yang merupakan lapangan di bagian selatan Keraton. Pada zaman dahulu salah satu fungsi tempat ini adalah untuk ajang berlatih para prajurit wanita.

baca juga wajah baru 2017 kawasan malioboro jogja

keraton yogyakarta
pict @yustitusya

Kemegahan Keraton Yogyakarta dan Indahnya  Tamansari

Salah satu bagian dari Keraton yogyakarta yang juga tidak boleh dilewatkan adalah Kompleks Istana Air Taman Sari yang dibangun pada masa Sultan HB I. Pada zaman dulu Tamansari berfungsi sebagai tempat rekreasi bagi Sultan serta kerabat istana dan juga sebagai benteng pertahanan. Tamansari berada di Jalan Taman, Yogyakarta. Dari Keraton Yogyakarta, Anda hanya butuh waktu sekitar 15 menit saja untuk tiba di lokasi. Saat ini  Taman Sari merupakan salah satu obyek wisata budaya populer di Yogyakarta.

baca juga wisata malam jogja di alun alun kidul

keraton yogyakarta
pict @adiwardana90

Bangunan Kompleks Istana Air Taman Sari pada awalnya memiliki luas 10 hektar yang terdiri dari kompleks taman, kolam pemandian Umbul Binangun, danau buatan, pulau buatan, kanal air,  jembatan gantung, lorong bawah tanah, serta beberapa gedung dengan arsitektur Jawa, Cina, Eropa, Islam, Hindu, Budha, dan Hindu. Danau buatan terletak di sebelah barat, Pemandian Umbul Binangun terletak di sebelah selatan danau buatan, sementara Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati terletak di sebelah selatan Umbul Binangun.

keraton yogyakarta
pict @bsrnv

Dari seluruh bangunan yang ada di Taman Sari, kini hanya Pemandian Umbul Binangun saja yang masih tersisa, sedangkan beberapa bangunan lain sudah berubah menjadi perkampungan penduduk. Umbul Binangun atau disebut juga Umbul Pasiraman merupakan tempat pemandian bagi Sultan beserta keluarganya, yang dikelilingi tembok-tembok tinggi pada setiap sisinya. Umbul Binangun memiliki 3 buah kolam dengan air mancur berbentuk jamur dan dapat diakses melalui dua buah gerbang masuk di sebelah timur dan barat.

baca juga batik khas jogja di pasar beringharjo

Dari Keraton yogyakarta anda bisa sekalian mengunjungi obyek wisata

  • Pusat perbelanjaan di malioboro
  • pasar beringharjo sentral batik dan kerajinan.
  • Museum sonobudoyo.
  • masjid gedhe jogja.
  • Museum serangan umum 1 maret benteng vredebrug atau lebih dikenal titik Nol Kilometer.
  • Taman pintar.
  • Taman budaya.
  • Alun alun kidul (alkid).
  • Kampung pembuatan bakpia pathok.
  • Pusat makanan khas jogja Gudeg di wijilan

Harga tiket masuk keraton yogyakarta

Untuk bisa masuk ke area Kompleks Istana Air Taman Sari, para pengunjung cukup membeli tiket dengan harga relatif murah, yaitu Rp 3.000,00 untuk wisatawan lokal dan Rp 7.000,00  untuk wisatawan asing. Jika Anda membutuhkan pemandu, Anda bisa mendapatkan fasilitas tersebut dengan biaya jasa Rp 25.000,00. Nah, selamat berwisata di keraton yogyakarta ! Semoga berkesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *