no comments

Pantai Ngobaran Gunungkidul Sarat Akan Sejarah di Balik Pesona yang Indah

Pantai Ngobaran Gunungkidul – Liburan ke pantai itu-itu mulu. Coba deh main ke Yogyakarta, dan sekali seumur hidup kamu harus liburan di Pantai Ngobaran Gunung Kidul.

pantai ngobaran gunungkidul

@denisprahasiwi

Di pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan alamnya saja, tetapi juga ritual agama dan kepercayaan yang menarik untuk diketahui. Berikut beberapa keunikan dari pantai ini.

Pantai Ngobaran Gunungkidul

Suasana Tenang dan Keindahan yang Mempesona di Pantai Ngobaran

pantai ngobaran gunungkidul

@ferrynugroho96

Pantai ini menawarkan suasana yang tenang dan nyaman. Juga panorama yang mempesona dengan pasir putihnya yang bersih, airnya yang jernih sampai-sampai kamu bisa melihat rumput laut dan alga hidup di dalam air. Ditambah iringan ombak yang merdu seperti musik relaksasi bakalan bikin kamu rileks.

Kamu juga akan menemukan pohon pandan laut yang berjejer di sepanjang pantai. Menambah pemandangan hijau yang menarik untuk ditatap lama-lama. Hmm, sungguh bikin hati nyaman dan tentram.

Bangunan Sejarah Agama Pantai Ngobaran Gunungkidul

pantai ngobaran gunungkidul

@multiamanah

Baca Juga Wisata Pantai Populer di Gunung Kidul Jogja

Ternyata di pantai ini banyak banget bangunan sejarah bernuansa agama yang perlu kamu kunjungi. Kamu bakalan terheran-heran, ketika menemukan pura dan masjid yang berdampingan dan sama-sama menghadap laut. Ada juga tempat peribadatan untuk kepecayaan kejawen di sini.

Kamu belum paham kejawen itu apa? Kejawen itu aliran kepercayaan peninggalan Prabu Brawijaya V. Tidak usah heran ketika kamu menemukan beberapa arca. Arca-arca ini biasa digunakan sebagai tempat upacara.

Kotak Batu Misterius di Depan Rumah Joglo

pantai ngobaran gunungkidul

@mutia.sativa_

Naiklah ke puncak bukit, kamu akan menemukan rumah joglo yang dikelilingi pagar kayu abu-abu. Di depan rumah joglo itu, kamu akan menemukan kotak batu. Menurut masyarakat setempat, dulu Prabu Brawijaya V membakar diri di kotak batu itu.

Menyaksikan Upacara Gulungan dan Upacara Melastri

Aura mistis cukup terasa di Pantai Ngobaran. Kamu akan disambut aura tersebut sejak awal. Umat agama Hindu setiap bulan purnama akan mengadakan upacara gulungan dan upacara melastri. Jika kamu ingin melihat datanglah ketika bulan purnama, ya. Sedangkan, penganut kejawen akan mengadakan ritual setiap malam Selasa dan Jumat.

Menunggu Senja di Pantai Ngobaran Gunungkidul

pantai ngobaran gunungkidul

@ngobaran

Senja tentu saja tidak boleh dilewakan. Ketika kamu menunggu senja, tidak akan terasa bosan. Ada masyarakat yang mencari biota laut di pantai. Mereka mencari landak laut, bintang laut, lobster, dan kerang. Selain itu sambil menunggu senja kamu juga bisa mencoba makanan khas Pantai Ngobaran yaitu landak goreng.

Jam Buka, Harga Tiket Masuk, dan Fasilitas Pantai Ngobaran

Jam buka pantai ini adalah 24 jam. Dibuka pada hari Senin sampai Minggu. Untuk harga tiketnya sangat murah yaitu Rp 3.000 per orang saja. Harga tiket tersebut juga sudah termasuk tiket masuk Pantai Ngrenehan. Soalnya, dua pantai ini merupakan satu paket.

Artikel lainnya Hutan Mangrove Kulon Progo Yogyakarta

Fasilitas yang akan kamu temukan di Pantai Ngobaran ini antara lain tempat parkir, kamar mandi, tempat ibadah, dan warung makan. Untuk penginapan belum tersedia. Kamu juga jangan lupa mengecash handphone-mu sampai penuh atau bawa power bank. Soalnya, di pantai ini belum ada listrik.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ada dua rute yang bisa kamu pilih. Rute pertama adalah Yogyakarta – Lanud Gading – Pertigaan Gading ke kanan – Playen – Paliyan – Trowono – Saptosari – Pantai Ngobaran. Rute kedua adalah Yogyakarta – Kota Wonosari – Paliyan – Trowono – Pantai Ngobaran. ( map )

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.